K3LH DALAM PERUSAHAAN
PROSEDUR K3 LH Bahaya kerja merupakan topik yang penting dan perlu diperhatikan oleh perusahaan dan pekerja. Beberapa jenis bahaya di tempat kerja yang berpotensi menimbulkan penyakit antara lain: Faktor Fisik: Seperti kebisingan, getaran, suhu ekstrem, radiasi, dan lain-lain. Faktor Kimia: Kontak dengan bahan kimia berbahaya seperti zat beracun, korosif, iritan, atau karsinogenik. Faktor Biologis: Paparan terhadap bakteri, virus, jamur, parasit, dan organisme lain yang dapat menyebabkan penyakit. Faktor Ergonomi: Terkait dengan postur kerja yang buruk, pengangkutan beban berat, repetisi gerakan, dan faktor lain yang dapat menyebabkan cedera jangka panjang. Faktor Psikososial: Seperti stres kerja, pelecehan verbal, mobbing, dan situasi buruk lain yang dapat berdampak pada kesejahteraan mental dan fisik pekerja. Penting bagi perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengelola semua potensi bahaya ini agar kesehatan dan keselamatan pekerja dapat terjamin sesuai dengan UU Kesehatan dan K...
Nama:Danisa sofi handayani
BalasHapusNo :04
Kelas :12 BDP 2
ANALISIS SAYA MENGENAI SOP UNTUK KE-4 PRODUK TERSEBUT:
1.Menaruh produk yang cepat habis/promo didekat kasir.
2.Menata produk makanan seperti beras ,dll jangan diletakkan dirak bagian atas,takutnya membahayakan konsumen,letakkan beras tersebut dirak bagian bawah.
3.Jika menata produk kosmetik,seperti bedak,lipstik,fundation,dll didalam elatase untuk lebih menarik konsumen dan rapi.
4.untuk menata produk non-food misalnya sabun jagan didekatkan dengan makanan,usahakan ditempatkan dirak sendiri.
5.Untuk penempatan produk non-food misalnya aksesoris bisa jam tangan,gelang sovenir dll didalam etalase untuk keamanan,dan menarik konsumen.
6.Untuk produk fress food jangan dicampur campur tempat untuk sayuran,daging dll jadi dipisahkan sesuai nama produk itu sendiri.
Nama:lesta Ariana
BalasHapusKls:12bdp2
No:11
1.menaruh produk food seperti beras sirup dll harus ditaruh rak khusus produk makanan
2.jika produk fresh food ditaruh ditempat freser agar selalu segar minuman pun juga taruh lah difrezer agarr selalu dingin
3.produk kosmetik taruh lah dietalase yg agak berbeda dari yang lain agar kelihatan menarik
Nama: Nurul Rahmawati
BalasHapusKelas:XII BDP 1
No absen:19
ANALISIS SAYA MENGENAI KE 4 SOP PRODUK TERSEBUT
1.Menata barang jika dekat dengan barang-barang yang menarik bagi konsumen pastinya konsumen akan cepat membelinya produk tersebut.
2.Menata barang-barang yang besar sebaiknya jangan dirak yang paling atas takutnya jatuh mengenai konsumen sebaiknya ditaruh dirak bawah saja.
3.produk fresh food sebaiknya ditata dengan rapi supaya menarik minat konsumen untuk membeli.
4.produk minuman sebaiknya juga ditata lebih rapi lagi dan sering dibersihkan supaya tidak ada debu yang menempel.
5.produk kosmetik jika ditata dengan rapi pastinya akan menarik minat konsumen mmebeli karena untuk kecantikan wajahnya
Nama:Ririn novitasari
BalasHapusKelas:XII BDP 2
Absen:15
• Barang yang sangat dibutuhkan oleh konsumen
• Barang yang sama dan efisien penggunaannya
• Barang yang sedang trend
• Barang yang berkualitas baik
• Barang yang berprestasi
Untuk barang yang berat sebaiknya ditaruh dibawah dan disesuaikan departemen nya
Nama : Angelina
BalasHapusNo.absen : 05
Kelas : XII BDP 1
ANALISIS SOP KE-4 PRODUK DIATAS :
1. Produk yang sedang ada promosi atau produk yang banyak di minati pelanggan di letakkan di depan kasir, agar pelanggan dapat langsung melihat atau menjangkaunya. Biasanya produk food dan non food
2. Pelabelahan harus sesuai dan teliti karena agar tidak terjadi kesalahpahaman.
3. Pendisplayan harus sesuai kelompok produknya.
4. Produk food seperti beras ataupun gula lebih baik di letakkan di bawah agar tidak membahayakan, tetapi juga harus memperhatikan tempat tersebut apakah mengganggu customer ataupun para staff tidak. Dan makanan ringan sebaiknya di display dengan rapi dan sesuai.
5. Produk non-food seperti sabun dll sebaiknya di jauhkan dari makanan. Rak-rak juga harus d bersihkan agar tidak berdebu, dan sebaiknya alat rumah tangga yang bersifat mudah pecah d letakkan di rak bawah.
Aksesoris lebih baik d letakkan di dalam etalase dengan pendisplayan yang baik dan menarik suapaya tidak berdebu.
6. Produk drink d display dengan rapi sesuai minumannya.
7. Produk fresh food harus d bedakan tempatnya karna ada daging, sayur buah dll.
Sebaiknya d masukan ke dalam showcare chiller.
8. Produk kosmetik biasanya terletak di depan dekat kasir, dan sebaiknya di display di dalam etalase sesuai produknya dengan rapi dan semenarik mungkin. Seperti, bedak, lisptik dll.
Nama : Agustin Ningsih
BalasHapusKelas : XII BDP 2
No : 01
Menganalisis 4 SOP yang ada diatas :
1. Produk food meliputi beras, mie, tepung,roti dll. Ditaruh di bagian rak khusus tersendiri lalu di tata dengan rapi, sedangkan untuk beras di taruh rak bagian bawah supaya konsumen mudah untuk mengambilnya dan tidak terjatuh.
2. Untuk produk fress food ditempatkan di bagian yang fress supaya lebih segar seperti daging, sayuran dll. Dan untuk penyimpanan dairy produk atau susu olahan di letakkan di bagian chiller dan di susun dengan rapi agar konsumen tertarik.
3. Penempatan produk drink seperti minuman minuman yang bersoda di letakkan di kulkas freezer ataupun digondola dan juga ditata dengan rapi.
4. Untuk produk kosmetik di letakkan di bagian dalam etalase dan ditata dengan rapi, meliputi : lipstik, maskara, eyeliner, bedak dll.
Nama : putri cahyaningkrum
BalasHapusKelas : XII BDP 2
No : 14
1. Produk food :
a. Produk yang dipajang pada gondola harus terisi penuh.
b. Produk dan merek tertentu yang perputarannya cepat (produk fast moving) sebaiknya dipajang lebih banyak
c. Label harga dan informasi produk bertujuan menyampaikan informasi harga dan produk kepada konsumen.
d. Dalam penataan produk (display) pada rak, produk ditata dari kiri ke kanan secara urut, mulai dari ukuran kecil ke besar.
e. Poduk yang ditata pada rak disesuaikan dengan daya jual produk (produk dengan konsumen menengah ke atas, dipajang dalam jumlah terbatas dan diletakkan di showcase)
f. Memerhatikan bentuk, jenis, dan komposisi warna kemasan (contoh, kemasan botol, kardus, dll).
g. Pemajangan suatu produk semestinya juga memperhatikan tanggal masuk produk tersebut
h. Produk yang ditata harus dilengkapi dengan price card yang berisi informasi lengkap mengenai produk, seperti nama produk, kode produk, kode supplier/pemasok, harga jual, nomor rak, jumlah minimum stock, dan lain-lain.
2. Produk kosmetik :
a. Produk dikelompokkan berdasarkan mereknya (brand).
b. . Kelompok brand yang cukup terkenal dapat diletakkan di depan dan dekat dengan pintu keluar masuk pengunjung (entrance gate), sedangkan yang lainnya agak ke dalam
c. . Produk ditata di showcase palet berdasarkan spesifikasinya
d. Koleksi yang sering dicari konsumen dan paling laku diletakkan paling atas atau di depan.
e. Media untuk make-up tersedia.
f. Kondisi area harus rapi, bersih, dan berkesan mewah (high class).
3. Produk fresh food
# sayuran :
a. Kualitas sayuran dapat dilihat dari kesegaran, ikatan ukuran dan jenis, bentuk, serta warnanya.
b. Produk sayuran dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yaitu daun, buah, bunga umbi, atau akar.
c. produk yang masuk pertama dipajang terlebih dahulu agar terjual lebih dulu.
d. Label dan POP (Point of Purcahes) harus terpasang.
# Buah buahan :
a. Buah yang dipajang harus berkualitas. Kualitas ditentukan dari tingkat kesegaran, keseragaman ukuran buah, serta kondisinya (tidak cacat dan tidak busuk).
b. Warna harus seimbang. Buah yang dipajang harus dikelompokkan berdasarkan warna agar terlihat seimbang.
C. Buah yang dipajang adalah buah yang datang terlebih dahulu agar produk stok awal segera terjual.
d. Buah yang dikemas menggunakan styrofoam tidak perlu dipasangi POP (Point of Purchase), tetapi setiap kemasannya harus dipasangi label yang berisi informasi nama, berat, dan harga buah tersebut.
e. Buah yang dipajang dibedakan antara buah lokal dan impor.
f. Buah yang dikemas dipajang pada showcase.
# Daging :
a. Daging yang dipajang harus berkualitas, yaitu daging segar dengan warna merah muda (bukan merah tua)
b. Daging dipajang sesuai dengan kelompoknya.
c. Daging segar dikemas menggunakan styrofoam dan diberi label yang berisi nama daging, berat, dan harganya.
4 . Produk Drink :
a. Penempatan berbagai minuman di tempatkan di kulkas frizer dan di tempatkan di rak gondola dan di tata rapi sesuai dengan merek dan jenisnya.
Nama: Eva puspita sari
BalasHapusNo: 013
Kelas: xii bdp 1
1.produk food dan non food sebaiknya dipisah seperti makanan dan sabun karena untuk menjaga kualitas produk dan memudahkan konsumen mencari produk kebutuhannya.
2.produk yang berat diletakkan di rak bagian bawah untuk keamanan dan memudahkan konsumen mengambil produk.
3.Produk fresh food harus dibedakan jenisnya, jika tidak akan mempengaruhi kualitas produk lain.
4.produk drink biasanya diletakkan dalam showcase, tapi harus ada juga yang diletakkan pada rak sesuai jenis dan mereknya.
5.produk kosmetik harus diletakkan dalam etalase dan sebaiknya diambilkan karyawan, untuk menjaga keamanan dan membuat produk terlihat menarik.
Nama:Luvi indri liana
BalasHapusNo:15
Kls:XII BDP 1
1.produk food meliputi beras,mie,tepung,roti,dll,harus di taruh/di display sesuai nama barang
2.jika produk fresh food ditaruh di tempat jangan di campur dengan sayuran,jadi harus di pisahkan sesuai nama peoduk sendiri,sama dengan produk minuman harus di tata/didisplay frizer/almari es agar tetap dingin .
4.peoduk kosmetik harus di letakkan dietalase dan produk kosmetik harus di jaga karyawan/spg untuk menjaga keamanan,dan menata produk kosmetik agar terlihat rapi atau menarik
Nama : Riska Wulandari
BalasHapusKelas : XII BDP 1
No : 20
Analisis SOP
1. FOOD
• Produk yang dipajang pada gondola harus terisi penuh.
• Apabila produk ditata pada rak susun yang sasaran konsumennya adalah orang dewasa dan remaja, produk dengan kemasan paling kecil diletakkan pada rak atas dan kemasan paling besar diletakkan pada rak paling bawah.
• Dalam penataan produk (display) pada rak, produk ditata dari kiri ke kanan secara urut, mulai dari ukuran kecil ke besar.
• Memerhatikan bentuk, jenis, dan komposisi warna kemasan (contoh, kemasan botol, kardus, dll).
• Produk yang ditata harus dilengkapi dengan price card yang berisi informasi lengkap mengenai produk, seperti nama produk, kode produk, kode supplier/pemasok, harga jual, nomor rak, jumlah minimum stock, dan lain-lain.
2. FOOD FRESH
Sayuran
•kualitas dilihat dari kesegaran,ikatan ukuran dan jenis, bentuk, serta warnanya.
•dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yaitu daun, buah, bunga umbi, atau akar.
• Arus perputaran pemajangan adalah First in First Out (FIFO)
• Label dan POP (Point of Purcahes) harus terpasang.
Buah buahan
•Kualitas ditentukan dari tingkat kesegaran, keseragaman ukuran buah, serta kondisinya (tidak cacat dan tidak busuk).
•Warna seimbang
•Metode First In First Out (FIFO) berlaku.
•dibedakan antara buah lokal dan impor
•Buah yang dikemas dipajang pada showcase.
Daging,ayam dan ikan
•daging segar dengan warna merah muda (bukan merah tua).
•dipisahkan dari bahan mentah dan hasil olahan.
•Daging segar dikemas menggunakan styrofoam dan diberi label yang berisi nama daging, berat, dan harganya.
•Daging ayam dapat dikemas utuh atau per bagian, misalnya paha, dada, atau ceker. Bisa juga berupa daging ayam giling.
•Ikan basah dipajang di atas es serut dan dilengkapi dengan lemon dan jeruk nipis.
•Tersedia aquarium berisi ikan yang dijual dalam keadaan hidup, seperti gurame, lele, dan lain-lain.
•Tersedia tempat khusus untuk mengemas dan membersihkan ikan.
3. DRINK
•dikelompokkan berdasarkan jenis
•Komposisi warna, label, dan merek menghadap ke depan.
•Pajangan selalu dirapikan, selalu terlihat cukup, dan berkesinambungan.
4. KOSMETIK
• dikelompokkan berdasarkan mereknya (brand)
• brand yang cukup terkenal dapat diletakkan di depan dan dekat dengan pintu keluar masuk pengunjung (entrance gate)
• Koleksi yang sering dicari konsumen dan paling laku diletakkan paling atas atau di depan.
• Media untuk demo make-up tersedia.
• Adanya karyawan (sales promotion girl)
Nama : Eka Aviana Rahmadia
BalasHapusNo. : 08
Kelas : XII BDP 2
SOP Penataan Produk
1. Produk Food dan Non Food Lebih baik di pisah kan karena Food (makanan ) tidak bagus jika di campurkan ke non food (sabun, deterjen dan sebagainya) Dan untuk makanan ringan yang cepat habis dapat di tempatkan di dekat kasir
2. Produk Fresh Food Juga di pisahkan sesuai dengan katagori nya,Daging dan sayur atau pun buah di bedakan dalam penempatan etalase freezer
3. Produk drink dapat di tempatkan di dua katagori yaitu masuk di etalase biasa dan di area fresh food di jadikan satu dengan buah yang di dinginkan
4. Produk kosmetik Di tempat kan di etalase dengan keamanan yang cukup karena barang bersifat sensitif atau jika terjatuh dapat cepat pecah wadahnya jadi harus di taruh di tempat yang aman.
Nama:Anisa dwi puspa
BalasHapusNo:06
Kelas:Xll BDP1
ANALISIS SAYA MENGENAI KE 4 SOP PRODUK TERSEBUT
1.Menata barang jika dekat dengan barang-barang yang menarik bagi konsumen pastinya konsumen akan cepat membelinya produk tersebut.
2.Menata barang-barang yang besar sebaiknya jangan dirak yang paling atas takutnya jatuh mengenai konsumen sebaiknya ditaruh dirak bawah saja.
3.produk fresh food sebaiknya ditata dengan rapi supaya menarik minat konsumen untuk membeli.
4.produk minuman sebaiknya juga ditata lebih rapi lagi dan sering dibersihkan supaya tidak ada debu yang menempel.
5.produk kosmetik jika ditata dengan rapi pastinya akan menarik minat konsumen mmebeli karena untuk kecantikan wajahnya
Nama : Mada Puspita
BalasHapusNo : 16
Kelas : XII BDP 1
Analisis SOP dan Penataan produk
1. Food dan Non food
Produk yang sedang ada promosi atau produk yang sering di cari konsumen di letakkan di depan kasir, hal ini dilakukan agar konsumen dapat langsung melihatnya atau menjangkaunya. Biasanya produk food dan non food serta kosmetik dan mainan anak.
2. Produk minuman/drink Harus di display dengan rapi sesuai varian/jenis minumannya.
3. Produk fresh food harus dipisahkan tempatnya karena ada daging, sayur buah santan,bahkan makanan cepat saji.
Sebaiknya d masukan ke dalam showcare chiller.
4.Produk food seperti beras dan gula sebaiknya diletakkan digondala paling bawah,karena agar tidak membahayakan konsumen dan juga staf toko.
5.Produk seperti kosmetik(lipstik,foundantion,dll) sebaiknya dimasukkan kedalam etalase agar lebih rapi dan menjadi data tarik tersendiri kepada konsumen.
5.Produk non food seperti deterjen,pasta gigi,sabun, sebaiknya ditata digondala dari yang terkecil diatas dan paling besar dibawah.Dan untuk parfum harus diurutkan dari yang terkecil ke terbesar,dan harus sesuai dengan merk parfum.
6.Untuk Obat-obatan sebaiknya ditata dietalase dan diletakkan didekat kasir /depan kasir,agar konsumen lebih mudah menjangkaunya.
7.Baterai diletakkan didekat kasir.
8.Dan yang perlu diperhatikan ialah pelabelan dan peletakkan price tag,agar konsumen tidak bingung saat melihat/memilih produk.
Nama : Fina Fahyuning Prihatin
BalasHapusNo ab : 14
Kelas : XII-BDP 1
Analisis SOP Ke-4 Produk diatas:
1. Produk food dan non food,Sebaiknya dipisahkan karena seperti beras,mie,tepung,roti,dll jika dicampurkan dengan produk non food seperti (sabun,deterjen,parfum,stela dll) tidak bagus atau nanti bisa berbau wangi,dan itu pun juga bisa mempengaruhi konsumen.
2. Jika menata barang barang yang berat seperti beras,minyak dll sebaiknya jangan ditaruh dirak yang paling atas,takutnya bisa membahayakan konsumen, karena bisa terjadi hal yang tidak diinginkan,sebaiknya jika meletakan beras,minyak dll,ditaruh dirah paling bawah,karena dapat mempermudah konsumen untuk mengambilnya.
3. Produk fresh food
Sebaiknya ditata dengan rapi,karena supaya bisa menarik minat konsumen untuk membelinya,karena jika penantaannya rapi konsumen pun juga suka,dan tertarik untuk membeli.
4. Produk Kosmetik
Sebaiknya kalau menata produk kosmetik seperti, bedak,lipstik,dll didalam ettalase supaya bisa menarik perhatian konsumen, dan juga bisa terlihat rapi.
5. Produk fress food
Jangan dicamur dengan tempat sayuran/daging sebaiknya dipisahkan sesuai dengan nama produk itu sendiri karena supaya terlihat rapi.
6. Untuk seperti Obat-obatan sebaiknya diletakkan di etalase atau di sebelahkasir,supaya konsumen dapat melihatnya.
7.Dan untuk seperti Baterai sebaiknya ditaruh di deket kasir.
Nama:Rita amelia
BalasHapusNo:17
Kelas;xii bdp 2
Jawaban??....
1. - beras akan di tata di rak paling bawah karena itu agar terlihat lebih rapi dan tidak membahayakan Pelangan karena beras sangat berat lebih baik di tata di bawah saja
- penataan tepung akan di tata lebih bawah bukan karena berat / membahayakan tetapi oleh karena itu tepung sangat licin bungkusnya maka dari itu tepung akan di tata di tempat yang bawah agar terlihat lebih rapi
- sirup juga akan di tata lebih bawah karena botol tersebut sangat mudah pecah lebih baik di tata di bawah saja agar lebih mudah
- gula pun juga akan di tata di rak bawah karena itu merupakan produk yang berat lebih baik di taruh di rak bawah saja
- mi instan alangkah baiknya boleh di tata di bawah maupun di atas karena produk tersebut ringan dan tidak berat
- teh akan di taruh di atas juga tidak apa2 karena produk tersebut juga ringan
2.- Atur penempatan minuman dan makanan berdasarkan kategori yang sejenis. ...
- Beri label serta detail produk untuk semua barang yang dipajang di dalam showcase. ...
- Susun minuman berdasarkan tinggi kemasannya. ...
- Selalu cek produk yang dipajang.
3. a. Produk dikelompokkan berdasarkan jenis (susu, yoghurt, keju, dan sebagainya) atau kegunannya.
b. Komposisi warna, label, dan merek menghadap ke depan.
c. Pajangan selalu dirapikan, selalu terlihat cukup, dan berkesinambungan.
4. a. Produk dikelompokkan berdasarkan mereknya (brand).
b. Kelompok brand yang cukup terkenal dapat diletakkan di depan dan dekat dengan pintu keluar masuk pengunjung (entrance gate), sedangkan yang lainnya agak ke dalam.
c. Produk ditata di showcase palet berdasarkan spesifikasinya.
d. Koleksi yang sering dicari konsumen dan paling laku diletakkan paling atas atau di depan.
e. Media untuk demo make-up tersedia.
f. Kondisi area harus rapi, bersih, dan berkesan mewah (high class).
g. Adanya karyawan (sales promotion girl) yang bertugas menjaga display produk dan memberi informasi bagi pengunjung yang menanyakan hal-hal terkait produk.
Nama : Nita Apriliana
BalasHapusKelas : XII BDP 2
NO. : 12
1. - beras akan di tata di rak paling bawah karena itu agar terlihat lebih rapi dan tidak membahayakan Pelangan karena beras sangat berat lebih baik di tata di bawah saja
- penataan tepung akan di tata lebih bawah bukan karena berat / membahayakan tetapi oleh karena itu tepung sangat licin bungkusnya maka dari itu tepung akan di tata di tempat yang bawah agar terlihat lebih rapi
- sirup juga akan di tata lebih bawah karena botol tersebut sangat mudah pecah lebih baik di tata di bawah saja agar lebih mudah
- gula pun juga akan di tata di rak bawah karena itu merupakan produk yang berat lebih baik di taruh di rak bawah saja
- mi instan alangkah baiknya boleh di tata di bawah maupun di atas karena produk tersebut ringan dan tidak berat
- teh akan di taruh di atas juga tidak apa2 karena produk tersebut juga ringan
2.- Atur penempatan minuman dan makanan berdasarkan kategori yang sejenis. ...
- Beri label serta detail produk untuk semua barang yang dipajang di dalam showcase. ...
- Susun minuman berdasarkan tinggi kemasannya. ...
- Selalu cek produk yang dipajang.
3. a. Produk dikelompokkan berdasarkan jenis (susu, yoghurt, keju, dan sebagainya) atau kegunannya.
b. Komposisi warna, label, dan merek menghadap ke depan.
c. Pajangan selalu dirapikan, selalu terlihat cukup, dan berkesinambungan.
4. a. Produk dikelompokkan berdasarkan mereknya (brand).
b. Kelompok brand yang cukup terkenal dapat diletakkan di depan dan dekat dengan pintu keluar masuk pengunjung (entrance gate), sedangkan yang lainnya agak ke dalam.
c. Produk ditata di showcase palet berdasarkan spesifikasinya.
d. Koleksi yang sering dicari konsumen dan paling laku diletakkan paling atas atau di depan.
e. Media untuk demo make-up tersedia.
f. Kondisi area harus rapi, bersih, dan berkesan mewah (high class).
g. Adanya karyawan (sales promotion girl) yang bertugas menjaga display produk dan memberi informasi bagi pengunjung yang menanyakan hal-hal terkait produk.
1.PRODUK FOOD untuk penempatan beras sebaiknya di sendirikan karena beras ada bermacam macam merk, tepat rak khusus beras pun harus di sendirikan agar konsumen mudah mengambil dan memilih sedangkan untuk teh, mie, dan sirup pun harus di sendirikan agar mudah mengambil nya dan juga lebih elastis.
BalasHapus2.PRODUK FRESH FOOD ditempatkan di suatu ruangan yang dingin terdiri dari buah, sayuran dan daging agar lebih fresh ketika konsumen membelinya,,dan juga agar menjaga kualitas bahan makanan mentah biar lebih segar
3.PRODUK DRINK ( minuman) yaitu diletakan disuatu frizer atau pun bisa disatukan dalam ruang fresh food tetapi harus di pisahkan agar konsumen tidak kesulitan mengambilnya dan disesuaikan jenis minumanya agar rapi dan nyaman dilihat
4.PRODUK KOSMETIK nah ini sering kali diminati berbagai kalangan agar mudah dalam berbelanja kosmetik,sebaiknya diletakkan di sebuah etalase khusus kosmetik seperti bedak, maskara,eyeliner dan lain lain, sedangkan untuk parfum dan hend body diletakan dirak khusus agar lebih menarik daya konsumen,,supaya tidak kebingungan untuk mengambil juga lebih puas dalam memilih dan berbelanja skincare nya.
Nama :Eka setia rini
BalasHapusKelas : XII Bdp 2
No absn : 09
1.PRODUK FOOD untuk penempatan beras sebaiknya di sendirikan karena beras ada bermacam macam merk, tepat rak khusus beras pun harus di sendirikan agar konsumen mudah mengambil dan memilih sedangkan untuk teh, mie, dan sirup pun harus di sendirikan agar mudah mengambil nya dan juga lebih elastis.
2.PRODUK FRESH FOOD ditempatkan di suatu ruangan yang dingin terdiri dari buah, sayuran dan daging agar lebih fresh ketika konsumen membelinya,,dan juga agar menjaga kualitas bahan makanan mentah biar lebih segar
3.PRODUK DRINK ( minuman) yaitu diletakan disuatu frizer atau pun bisa disatukan dalam ruang fresh food tetapi harus di pisahkan agar konsumen tidak kesulitan mengambilnya dan disesuaikan jenis minumanya agar rapi dan nyaman dilihat
4.PRODUK KOSMETIK nah ini sering kali diminati berbagai kalangan agar mudah dalam berbelanja kosmetik,sebaiknya diletakkan di sebuah etalase khusus kosmetik seperti bedak, maskara,eyeliner dan lain lain, sedangkan untuk parfum dan hend body diletakan dirak khusus agar lebih menarik daya konsumen,,supaya tidak kebingungan untuk mengambil juga lebih puas dalam memilih dan berbelanja skincare nya
Nama
BalasHapusNama : Endang sri rahayu
BalasHapusNo. : 10
Kelas : Xll BDP 2
Analisis saya mengenai keempat SOP produk tersebut yaitu :
1.)Letakaan barang sesuai dengan ukuran besar atau berkesan berat dibawah dan barang ukuran kecil Berkesan lebih ringan di atas.
2.) Usahakan untuk memperoleh tinggi barang yang sama , supaya terlihat rapi
3.) Facing suatu produk menghadap kedepan
4.) Usahakan tinggi di setiap jalur sama (top sky line)
5.) Penataan produk food dan non food harus dipisah
6.) Produk drink sebaiknya ditaro difreezer
7.) Barang promo sebaiknya ditaro didepan , supaya para konsumen tahu
8.) Untuk kosmetik sebaiknya ditaro dibagian dalam estalase
ANALISIS SAYA MENGENAI SOP UNTUK KE-4 PRODUK TERSEBUT:
BalasHapus1.Menaruh produk yang cepat habis/promo didekat kasir.
2.Menata produk makanan seperti beras ,dll jangan diletakkan dirak bagian atas,takutnya membahayakan konsumen,letakkan beras tersebut dirak bagian bawah.
3.Jika menata produk kosmetik,seperti bedak,lipstik,fundation,dll didalam elatase untuk lebih menarik konsumen dan rapi.
4.untuk menata produk non-food misalnya sabun jagan didekatkan dengan makanan,usahakan ditempatkan dirak sendiri.
5.Untuk penempatan produk non-food misalnya aksesoris bisa jam tangan,gelang sovenir dll didalam etalase untuk keamanan,dan menarik konsumen.
6.Untuk produk fress food jangan dicampur campur tempat untuk sayuran,daging dll jadi dipisahkan sesuai nama produk itu sendiri
Nama :Nur Halimah
BalasHapusNo :017
Kelas :XII BDP 1
Jumlah barang yang didisplay disesuaikan dengan proporsional daya jual barang tersebut.
-Menata apik barang dagangan dalam rak gondola toko dengan desain unik dengan memperhatikan bentuk dan warna kemasan barang agar tercipta keindahan display toko.
-Memajangan barang dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa (expired date) sehingga mudah untuk dilakukan pengecekan.
-Letakaan barang sesuai dengan ukuran besar atau berkesan berat dibawah dan barang ukuran kecil Berkesan lebih ringan di atas.
-Usahakan tinggi di setiap jalur sama (top sky line)
Adi septiana
BalasHapus01
ANALISIS SAYA MENGENAI SOP UNTUK KE-4 PRODUK TERSEBUT:
1.Menaruh produk yang cepat habis/promo didekat kasir.
2.Menata produk makanan seperti beras ,dll jangan diletakkan dirak bagian atas,takutnya membahayakan konsumen,letakkan beras tersebut dirak bagian bawah.
3.Jika menata produk kosmetik,seperti bedak,lipstik,fundation,dll didalam elatase untuk lebih menarik konsumen dan rapi.
4.untuk menata produk non-food misalnya sabun jagan didekatkan dengan makanan,usahakan ditempatkan dirak sendiri.
5.Untuk penempatan produk non-food misalnya aksesoris bisa jam tangan,gelang sovenir dll didalam etalase untuk keamanan,dan menarik konsumen.
6.Untuk produk fress food jangan dicampur campur tempat untuk sayuran,daging dll jadi dipisahkan sesuai nama produk itu sendiri.
Nama; Elvira Yuliana Salsabila Mustika Putri
BalasHapusNo: 11
Kelas: XII BDP 1
1.PRODUK FOOD untuk penempatan beras sebaiknya di sendirikan karena beras ada bermacam macam merk, tepat rak khusus beras pun harus di sendirikan agar konsumen mudah mengambil dan memilih sedangkan untuk teh, mie, dan sirup pun harus di sendirikan agar mudah mengambil nya dan juga lebih elastis.
2.PRODUK FRESH FOOD ditempatkan di suatu ruangan yang dingin terdiri dari buah, sayuran dan daging agar lebih fresh ketika konsumen membelinya,,dan juga agar menjaga kualitas bahan makanan mentah biar lebih segar
3.PRODUK DRINK ( minuman) yaitu diletakan disuatu frizer atau pun bisa disatukan dalam ruang fresh food tetapi harus di pisahkan agar konsumen tidak kesulitan mengambilnya dan disesuaikan jenis minumanya agar rapi dan nyaman dilihat
4.PRODUK KOSMETIK nah ini sering kali diminati berbagai kalangan agar mudah dalam berbelanja kosmetik,sebaiknya diletakkan di sebuah etalase khusus kosmetik seperti bedak, maskara,eyeliner dan lain lain, sedangkan untuk parfum dan hend body diletakan dirak khusus agar lebih menarik daya konsumen,,supaya tidak kebingungan untuk mengambil juga lebih puas dalam memilih dan berbelanja skincare nya.
Nama: Sri rejeki
BalasHapusNo : 22
Kelas : XII BDP 1
1.Produk Food (makanan) untuk penempatan beras sebaiknya diletakkan di rak gondola bagian bawah supaya tidak membahayakan konsumen. Sedangkan produk makanan lainnya seperti makanan ringan,mie,roti dan lainnya sebaiknya diletakkan di rak gondola dan harus dipisahkan dari produk non food seperti sabun, pembersih lantai,deterjen dan sebagainya.
2.Produk Fresh Food harus ditempatkan sesuai kategori produknya. seperti daging, sayur maupun buah buahan juga harus dibedakan tempatnya dan sebaiknya dimasukkan ke dalam showcase chiller supaya bisa menarik minat konsumen untuk membelinya.
3.Produk minuman sebaiknya ditata rapi sesuai dengan jenis dan merek minumannya,tetapi ada juga yang harus diletakkan di dalam showcase supaya bisa menarik perhatian konsumen.
4.Produk kosmetik sebaiknya diletakkan di dalam etalase supaya terlihat lebih rapi dan bisa menarik minat konsumen untuk membelinya.
Nama :Ananda Tri Hapsari
BalasHapusNo. :04
Kelas:XII BDP 1
1.produk food (makanan) misalnya beras sebaiknya di taruh di rak paling bawah supaya tidak membahayakan konsumen sedangkan makanan lainya di seperti roti,mie dan makanan ringan di letakkan di gondola dan harus di pisahkan dari produk non food seperti sabun, deterjen dan lain lain.
2.produk fress food di tempatkan di tempat yang dingin supaya kualitas produk tetap fress atau terjaga.
3.produk minuman sebaiknya di tata rapi dan di susun sesuai dengan jenis/merknya agar konsumen tidak kesulitan dalam mengambil produk.
4.produk kosmetik sebaiknya di tata di etalase supaya menarik terlihat rapi dan menarik pelanggan.
Nama:Ela rahma juwita
HapusKls:Xll BDP 1
No:10
Produk food misalnya:beras mie,tepung,minyak goreng,susu,makanan nabati dan hewani di pisahkan karena kalau di campurkan bisa merusak rak Atau menggotori rak
Dan 2.produk fresh food seperti sayuran,buah,daging,Dairi,dll bisa di campurkan
3.produk drink sebaiknya di taruh di dekat kasir agar konsumen mudah untuk mencarinya
4.produk kosmetik sebaiknya di taruh di depan etalase dekat pintu masuk toko
Nama: Diah Devita Ekasari
BalasHapusNo : 08
Kelas :XII BDP 1
ANALISIS SOP KE-4 PRODUK DIATAS:
1 .PRODUK FOOD DAN NON FOOD lebih baik dipisah kan karena food ( makanan) tidak bagus jika dicampurkan ke non food ( sabun ,deterjen, pembersih lantai dan sebagainya) dan untuk makanan ringan yang cepat habis dapat ditempatkan didekat kasir.
2. PRODUK FRESH FOOD ditempatkan di suatu ruangan yang dingin terdiri dari buah, sayuran dan daging agar lebih fresh ketika konsumen membelinya,,dan juga agar menjaga kualitas bahan makanan mentah biar lebih segar
3. PRODUK DRINK yaitu diletakkan di suatu freezer atau disatukan dalam ruang fresh food tetapi harus dipisahkan agar konsumen tidak Kesulitan mengambilnya dan disesuaikan jenis minumannya agar rapi dan nyaman dilihat.
4. PRODUK KOSMETIK ditempatkan di etalase dengan keamanan yang cukup karena barang bersifat sensitif atau jika terjatuh dapat cepat pecah wadahnya jadi harus ditaruh ditempat yang aman.
Nama:Nur Isnanti
BalasHapusNo:18
Kelas:XII BDP 1
a. SOP Penataan Produk Food
SOP penataan produk food di swalayan dan di supermarket paling awal yang harus
diperhatikan adalah penggunaan ruangan. Penggunaan ruangan harus disesuaikan
sebagai berikut.
1. Kategori Produk
Produk food terdiri dari berbagai macam jenis. Dan tentunya produk food ini
merupakan produk yang dikonsumsi oleh konsumen dan harus dipisahkan
dengan produk nonfood yang tidak boleh terkontaminasi dengan produk food
seperti cairan pembasmi serangga yang tidak boleh berdekatan dengan mie
instan.
Sehingga penataan produk food akan di tata sesuai berdasarkan fungsi produk
tersebut contoh produk minuman akan di tata di area khusus minuman dan
makanan akan di tata di area khusus makanan.
2. Ukuran Kemasan
Dalam penataan harus memperhatikan faktor keamanan apabila produk itu
riskan atau mudah bocor. Untuk produk tersebut, penataan tidak dibenarkan
ditempatkan di bagian atas. Penataan yang kategori kacil ditempatkan di bagian
atas dan yang kategori besar ditempatkan di bagian bawah.
b. SOP Penataan Produk Fresh
Standar Operating Producedure (SOP) penataan produk fresh tidak jau berbeda
dengann produk produk lainnya. Perbedaan hanya dalam alat atau tempat
pemajangan produk. Jika produk food menggunakan rak, wagon maka produk fresh
menggunakan showcase chiller, kulkas atau pendingin (alat pemajangan untuk
buah, sayur, daging dan dairy). Selain itu area produk fresh biasanya dibuat suatu
ruangan seperti dapur umum yang letaknya jauh dari keramaian.
Kriteria Penataan produk fresh telah di atur berdasarka SOP yang berlaku, seperti
1. Adanya ventilasi atau saluran udara yang baik
2. Adanya etalase
3. Perlengkapan area fresh lengkap seperti showcase, alat timbang, cool room,
nampan, chiller, bins, plastik wrapping
c. SOP Penataan Produk Fashion dan Sport
SOP dalam penataan produk fashion untuk visual merchandising langkah
langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Penataan barang baru
2. Penataan barang tidak lengkap
3. Teknik pemajangan
Nama: Amanda Dwi wulansari
BalasHapusKelas: XII bdp 1
No absen: 03
Analisis SOP ke-4 produk diatas.
1).produk food dan non food lebih baik dipisah kan karena food ( makanan meliputi beras,mie, tepung, minyak goreng, susu dan roti ) tidak bagus jika dicampurkan ke non food ( sabun ,deterjen, pembersih lantai dll ) dan produk yang cepat habis atau sedang ada promo dapat ditempatkan didekat kasir.
2).Produk fresh food seharusnya di bedakan tempatnya karna ada daging, sayur dan buah dll.
Sebaiknya di masukan ke dalam showcare chiller agar lebih kelihatan fresh ketika konsumen membeli.
3). Produk drink sebaiknya di display dengan rapi sesuai dengan varian masing-masing agar kelihatan lebih menarik.
4).Produk kosmetik biasanya terletak di dekat kasir, dan sebaiknya di display di dalam etalase sesuai produknya dengan rapi dan semenarik mungkin. Seperti, bedak, lisptik, maskara, dll.
Nama : Dila Puspitasari
BalasHapusNo:09
Kelas:XII BDP 1
ANALISIS SAYA MENGENAI KE 4 SOP PRODUK TERSEBUT
1.Menata barang jika dekat dengan barang-barang yang menarik bagi konsumen pastinya konsumen akan cepat membelinya produk tersebut.
2.Menata barang-barang yang besar sebaiknya jangan dirak yang paling atas takutnya jatuh mengenai konsumen sebaiknya ditaruh dirak bawah saja.
3.produk fresh food sebaiknya ditata dengan rapi supaya menarik minat konsumen untuk membeli.
4.produk minuman sebaiknya juga ditata lebih rapi lagi dan sering dibersihkan supaya tidak ada debu yang menempel.
5.produk kosmetik jika ditata dengan rapi pastinya akan menarik minat konsumen mmebeli karena untuk kecantikan wajahnya
1. Produk food.
BalasHapusa. Produk yang dipajang pada gondola harus terisi penuh.
b. Produk dan merek tertentu yang perputarannya cepat (produk fast moving) sebaiknya dipajang lebih banyak.
c. Apabila produk ditata pada rak susun yang sasaran konsumennya adalah orang dewasa dan remaja, produk dengan kemasan paling kecil diletakkan pada rak atas dan kemasan paling besar diletakkan pada rak paling bawah.
d. Label harga dan informasi produk bertujuan menyampaikan informasi harga dan produk kepada konsumen.
e. Dalam penataan produk (display) pada rak, produk ditata dari kiri ke kanan secara urut, mulai dari ukuran kecil ke besar.
2. Produk Kosmetik.
a.Produk dikelompokkan berdasarkan mereknya (brand).
b. Kelompok brand yang cukup terkenal dapat diletakkan di depan dan dekat dengan pintu keluar masuk pengunjung (entrance gate), sedangkan yang lainnya agak ke dalam.
c. Produk ditata di showcase palet berdasarkan spesifikasinya.
d. Koleksi yang sering dicari konsumen dan paling laku diletakkan paling atas atau di depan.
e. Media untuk demo make-up tersedia.
f. Kondisi area harus rapi, bersih, dan berkesan mewah (high class).
g. Adanya karyawan (sales promotion girl) yang bertugas menjaga display produk dan memberi informasi bagi pengunjung yang menanyakan hal-hal terkait produk.
3. Produk fresh food.
#Sayuran :
a. Kualitas sayuran dapat dilihat dari kesegaran, ikatan ukuran dan jenis, bentuk, serta warnanya
b. Produk sayuran dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yaitu daun, buah, bunga umbi, atau akar.
c. Arus perputaran pemajangan adalah First in First Out (FIFO), yaitu produk yang masuk pertama dipajang terlebih dahulu agar terjual lebih dulu.
d. Label dan POP (Point of Purcahes) harus terpasang.
# Buah-buahan :
a. Buah yang dipajang harus berkualitas. Kualitas ditentukan dari tingkat kesegaran, keseragaman ukuran buah, serta kondisinya (tidak cacat dan tidak busuk).
b. Warna harus seimbang. Buah yang dipajang harus dikelompokkan berdasarkan warna agar terlihat seimbang.
c. Buah yang dipajang adalah buah yang datang terlebih dahulu agar produk stok awal segera terjual. Metode First In First Out (FIFO) berlaku.
e. Buah yang dipajang pada bins dibedakan antara buah lokal dan impor.
f. Buah yang dikemas dipajang pada showcase.
# Daging :
a. Daging yang dipajang harus berkualitas, yaitu daging segar dengan warna merah muda (bukan merah tua).
b. Daging dipajang sesuai dengan kelompoknya, dipisahkan dari bahan mentah dan hasil olahan.
c. Daging segar dikemas menggunakan styrofoam dan diberi label yang berisi nama daging, berat, dan harganya.
d. Daging yang dijual di supermarket umumnya berupa daging segar dan daging beku.
4. Penempatan produk drink seperti minuman minuman yang bersoda di letakkan di kulkas freezer ataupun digondola dan juga ditata dengan rapi.
Nama. : Risma Putri Silvia
BalasHapusKelas. : XII BDP 2
No.abs : 16
1. Produk food.
a. Produk yang dipajang pada gondola harus terisi penuh.
b. Produk dan merek tertentu yang perputarannya cepat (produk fast moving) sebaiknya dipajang lebih banyak.
c. Apabila produk ditata pada rak susun yang sasaran konsumennya adalah orang dewasa dan remaja, produk dengan kemasan paling kecil diletakkan pada rak atas dan kemasan paling besar diletakkan pada rak paling bawah.
d. Label harga dan informasi produk bertujuan menyampaikan informasi harga dan produk kepada konsumen.
e. Dalam penataan produk (display) pada rak, produk ditata dari kiri ke kanan secara urut, mulai dari ukuran kecil ke besar.
2. Produk Kosmetik.
a.Produk dikelompokkan berdasarkan mereknya (brand).
b. Kelompok brand yang cukup terkenal dapat diletakkan di depan dan dekat dengan pintu keluar masuk pengunjung (entrance gate), sedangkan yang lainnya agak ke dalam.
c. Produk ditata di showcase palet berdasarkan spesifikasinya.
d. Koleksi yang sering dicari konsumen dan paling laku diletakkan paling atas atau di depan.
e. Media untuk demo make-up tersedia.
f. Kondisi area harus rapi, bersih, dan berkesan mewah (high class).
g. Adanya karyawan (sales promotion girl) yang bertugas menjaga display produk dan memberi informasi bagi pengunjung yang menanyakan hal-hal terkait produk.
3. Produk fresh food.
#Sayuran :
a. Kualitas sayuran dapat dilihat dari kesegaran, ikatan ukuran dan jenis, bentuk, serta warnanya
b. Produk sayuran dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yaitu daun, buah, bunga umbi, atau akar.
c. Arus perputaran pemajangan adalah First in First Out (FIFO), yaitu produk yang masuk pertama dipajang terlebih dahulu agar terjual lebih dulu.
d. Label dan POP (Point of Purcahes) harus terpasang.
# Buah-buahan :
a. Buah yang dipajang harus berkualitas. Kualitas ditentukan dari tingkat kesegaran, keseragaman ukuran buah, serta kondisinya (tidak cacat dan tidak busuk).
b. Warna harus seimbang. Buah yang dipajang harus dikelompokkan berdasarkan warna agar terlihat seimbang.
c. Buah yang dipajang adalah buah yang datang terlebih dahulu agar produk stok awal segera terjual. Metode First In First Out (FIFO) berlaku.
e. Buah yang dipajang pada bins dibedakan antara buah lokal dan impor.
f. Buah yang dikemas dipajang pada showcase.
# Daging :
a. Daging yang dipajang harus berkualitas, yaitu daging segar dengan warna merah muda (bukan merah tua).
b. Daging dipajang sesuai dengan kelompoknya, dipisahkan dari bahan mentah dan hasil olahan.
c. Daging segar dikemas menggunakan styrofoam dan diberi label yang berisi nama daging, berat, dan harganya.
d. Daging yang dijual di supermarket umumnya berupa daging segar dan daging beku.
4. Penempatan produk drink seperti minuman minuman yang bersoda di letakkan di kulkas freezer ataupun digondola dan juga ditata dengan rapi.
Test
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAku setuju
BalasHapusTest
BalasHapusNama:uning nuriah
BalasHapusNo:34
Kelas:XPM2
1.menaruh produk food seperti beras sirup dll harus ditaruh rak khusus produk sembako
2.jika produk fresh food ditaruh ditempat freser agar selalu segar minuman pun juga taruh lah difrezer agarr selalu dingin
3.produk kosmetik taruh lah dietalase yg agak berbeda dari yang lain agar kelihatan menarik
Nama :nazella
BalasHapusKelas: x Pemasaran 2
Analisis pendapat saya
1.barang produk fresh food seharusnya ditata dengan rapi ditempat rak sesuai jenis barang
2.sayuran seharusnya ditata sesuai jenis sayurannya ditempat rak
3.barang minuman ditata rapi dengan bagus dan baik ditempat minuman
4.barang kosmetik ditaruh dan ditata dengan baik dan rapi ditempat kosmetik tersebut